Friday, June 26, 2015

DIY lukisan di atas kardus bekas

Libur sekolah pas lagi puasa lumayan bikin bingung mau ngajak anak-anak berkegiatan apa. Harus bikin kegiatan yang asyik dilakukan di rumah.

Lagi bingung nyari ide, eeeee di kantor datang laptop baru ada 6 biji pula, huaaaa pucuk dicinta ulam tiba dong! Langsung buru-buru ngetekin tuh kardus sebelum keduluan sama yang laen.

Karena ada 3 anak yang berbeda usia, biar ga pada berkegiatan sendiri, nyari idenya yang bisa buat rame-rame *biar ga pada berantem berebut*

Akhirnya bikin lukisan di atas 4 kardus yang berukuran sama, masing-masing anak buat di atas 1 kardus, setelah jadi baru digabungkan.

Bahan dan alat :
-peralatan lukis
- cat asturo
- kardu bekas berukuran sama

Caranya seperti yang ada di gambar di bawah ini....bagaimana, keren ga?

Wednesday, June 24, 2015

Melukis tanpa kotor :)

Dedek (15bln) suka banget ngeriung kalau kakak dan abangnya lagi berkegiatan. Belajar, bikin PR, main sepeda, main uno, juga bikin prakarya. Awalnya sih excited banget bergabung,lama-lama huadooohh mulai deh iseng judulnya ngerecokin kakak n abang :)

Yang paling heboh kalau lagi pada melukis pakai cat akrilik....huaaaaa pengen nangis rasanya kalau liat cat nempel belepotan dimana-mana hasil karya dedek gegara bergabung sama kakaknya. Tangannya penuh dengan cat :'(  worry banget deh, bukan soal kotornya, tapi apakah cat akrilik itu aman buat bayi?

Gimana caranya ya biar dedek tetap bisa gabung sama kakak tanpa harus merasa cemas karena ga punya cat yang ada embel-embel *aman buat bayi* ? Secaraaaaa...cat yang aman buat bayi kemungkinan besar harganya heboh hehehe....

Alhamdulillah,  nemu juga caranya setelah browsing kesanakemari.
Lalu saya cobain dong ke dedek....awalnya dedek mau,lama-lama ya tetep aja penasaran melukis beneran kayak kakak.

Gapapa deh, setidaknya kapan2 bisa jadi alternatif kegiatan buat dedek *sambil nabung biar bisa beli cat yang aman buat bayi tentunya*

Tuesday, June 16, 2015

Wayang (Kipas) Minion n Cupcake

Abang dapet tugas dari sekolah bikin wayang dari kardus. Pas sibuk ngerjain, adek sibuk juga gangguin dan narik-narik wayang buatan abang.
Akhirnya kakak bikinin wayang deh dari kertas bekas kalender. Gambarnya ngeprint dari internet,diwarnai pakai crayon, lalu ditempel ke kertas bekas kalender menggunakan lem. Tangkainya pakai sumpit yang diselotip di belakang kertas kalender tadi. Jadilah wayang minion versi kakak. Selain minion, kakak juga bikin wayang cupcake *hadoooohhh masih bisa disebut wayang nggak yaaa? Soalnya yang cupcake ini juga bisa dipake buat kipasan :)

Adek senang bukan main dapet mainan buatan kakak, dibawa kemana-mana, bahkan dibawa tidur hahahaaaa....
Terimakasih ya kakak.....

Friday, November 28, 2014

Hari Guru : handprint and footprint

Hari guru 2014 lalu ada kegiatan kejutan buat bu guru di daycare adek Syafiq, temanya membuat hasil karya buat bu guru yang nantinya akan ditempel menjadi sebuah mading.

Karena saat ini adek masih 8 bulan,tentu saja belom bisa bikin sendiri. Sempet bingung juga mau bikin apa ya,karena kan temannya bayi-bayi di bawah 1 tahun semua....hehehe

Hasil browsing dan diskusi sama para mama yang lain,disepakati kami akan membuat mading yang ditempeli hasil kreasi para mama yang temanya adalah hasil cetak tangan dan cetak kaki bayi masing-masing.

Ini dia hasil kreasi dari para mama di kelas adek Syafiq :)

Buat nyetaknya bisa pakai cat air, buah bit, buah naga,atau bisa juga pakai pensil 'ngeblat' (dooohh apa ya istilahe) langsung tangan bayi seperti yang saya lakukan.

Selamat hari guru....terimakasih sudah menemani adek dan teman-temannya menjalani kehidupan tahun pertama di dunia ini, semoga Allah membalas semua kebaikan dari bu guru semua...

Mainan Bayi dari botol bekas minuman

Pas nemenin adek di TPA Artha Wildan, eeeeeehhh liat teman-teman adek lagi berebut mainan baru.

Ternyata itu adalah mainan buatan ibu tien yang bahan bakunya dari barang-barang yang insya Allah sudah ada di rumah kita sendiri. (Terimakasih ya bu sudah beramal ngebuatin mainan buat adek dan teman-temannya...*peluk* )

Seneng banget ngeliat barang bekas yang disulap jadi mainan seperti ini.

Bahan :
~ botol plastik bekas minuman
~ kertas warna-warni (ini pakenya kertas origami sepertinya)
~ makaroni buat isi biar ada bunyi-bunyi saat botol dikocok sama anak-anak

Cara membuatnya bahan-bahan dimasukin ke botol dan botolnya ditutup lagi deh.

O,iya untuk makaroni  bisa digantikan dengan bahan lain yang kita punyai di rumah seperti beras,kacang hijau, manik-manik, atau mungkin pasir. Ada baiknya kita membuat dari bahan yang berlainan karena anak-anak akan excited sekali dengan perbedaan bunyi yang dihasilkan dari masing-masing botol.

Hm....mudah kan membuat mainan bayi sendiri?

*terimakasih ya bu tien atas idenya*

Thursday, August 15, 2013

Api Unggun dari CD bekas


Saat anak-anak ingin kemah sehari dengan teman-temannya, saya langsung browsing di internet buat nyari kegiatan apa saja yang kira-kira pas buat aktivitas mereka selama berkemah.

Akhirnya nemu di Kaboose, yaitu membuat prakarya api unggun mini, yang bahannya bisa didapat di lingkungan sekitar kemah. Kayaknya asik banget kaan? Nanti anak-anak mencari ranting, batu-batuan...lalu membuat api unggun mini ini. Kebayang deh serunya...

Tapi, rencana ini gatotkaca. Gara-garanya, tempat kemahnya deket sama kolam renang...
Huuuuu.......... bubar jalan deh jadinya, malah nyebur berenang semua, seharian pula!!!

Gapapa deh...yang penting anak-anak tetep hepppiii....

***

Bahan dan alat :
  • Batu-batuan/bongkahan batu bata
  • Tanah
  • Ranting-ranting 
  • Kertas yang diberi warna menggunakan crayon
  • Lem castol/uhu
  • CD bekas
Cara membuat :
  1. Siapkan CD bekas
  2. Rekatkan batu-batu di sekeliling CD
  3. Beri lem di permukaan CD
  4. Taburkan tanah tipis saja
  5. Rekatkan ranting-ranting kecil di atasnya (lihat gambar), susun sedemikian rupa
  6. Sobek-sobeklah kertas yang sudah diberi warna orange kekuningan, rekatkan.
  7. Jadi deeh api unggun mininya....



Tuesday, August 13, 2013

Kado bayi : Baby Book

Masih nerusin postingan soal kado bayi buat mantan bu gurunya kakak di TPA Artha Wildan, posting sebelumnya berjudul Mainan Bayi Buatan Sendiri dan Boneka Dadu dari Flanel.

Selain kedua mainan itu, kami juga membuat buku bayi....
Bahan dasarnya masih memanfaatkan flanel yang ada di rumah. Lebih banyak menggunakan lem dan sedikit jahitan untuk hiasan saja. Si kakak lagi males ngejahit kayaknya deh...lagian kurang bersabar..pengen cepet jadi kayaknya :) ...begitulah anak-anak yaa.... ;)

Buku bayi ini cuma berapa halaman saja sih. Dan tiap halaman ada sesuatu yang bisa merangsang motorik adek bayi.Warnanya juga lumayan ngejreng....sekaligus bisa buat pengenalan warna..

Ini dia buku bayinya....

Halaman depan, berhiaskan kepala singa

Bisa digunakan mengenal warna, kertas mengkilap itu menggunakan bekas kemasan makanan

Bisa bongkar pasang menyisipkan seperti menganyam dan melepan serta memasang tali balon

Ini manik-maniknya bisa digeser ke atas/bawah dan bisa ditarik-tarik karena talinya pake karet, lalu ada beberapa kepik di bawah daun, baru keliatan kalau daunnya dibuka.

Mau tambah income?