Thursday, August 15, 2013

Api Unggun dari CD bekas


Saat anak-anak ingin kemah sehari dengan teman-temannya, saya langsung browsing di internet buat nyari kegiatan apa saja yang kira-kira pas buat aktivitas mereka selama berkemah.

Akhirnya nemu di Kaboose, yaitu membuat prakarya api unggun mini, yang bahannya bisa didapat di lingkungan sekitar kemah. Kayaknya asik banget kaan? Nanti anak-anak mencari ranting, batu-batuan...lalu membuat api unggun mini ini. Kebayang deh serunya...

Tapi, rencana ini gatotkaca. Gara-garanya, tempat kemahnya deket sama kolam renang...
Huuuuu.......... bubar jalan deh jadinya, malah nyebur berenang semua, seharian pula!!!

Gapapa deh...yang penting anak-anak tetep hepppiii....

***

Bahan dan alat :
  • Batu-batuan/bongkahan batu bata
  • Tanah
  • Ranting-ranting 
  • Kertas yang diberi warna menggunakan crayon
  • Lem castol/uhu
  • CD bekas
Cara membuat :
  1. Siapkan CD bekas
  2. Rekatkan batu-batu di sekeliling CD
  3. Beri lem di permukaan CD
  4. Taburkan tanah tipis saja
  5. Rekatkan ranting-ranting kecil di atasnya (lihat gambar), susun sedemikian rupa
  6. Sobek-sobeklah kertas yang sudah diberi warna orange kekuningan, rekatkan.
  7. Jadi deeh api unggun mininya....



Tuesday, August 13, 2013

Kado bayi : Baby Book

Masih nerusin postingan soal kado bayi buat mantan bu gurunya kakak di TPA Artha Wildan, posting sebelumnya berjudul Mainan Bayi Buatan Sendiri dan Boneka Dadu dari Flanel.

Selain kedua mainan itu, kami juga membuat buku bayi....
Bahan dasarnya masih memanfaatkan flanel yang ada di rumah. Lebih banyak menggunakan lem dan sedikit jahitan untuk hiasan saja. Si kakak lagi males ngejahit kayaknya deh...lagian kurang bersabar..pengen cepet jadi kayaknya :) ...begitulah anak-anak yaa.... ;)

Buku bayi ini cuma berapa halaman saja sih. Dan tiap halaman ada sesuatu yang bisa merangsang motorik adek bayi.Warnanya juga lumayan ngejreng....sekaligus bisa buat pengenalan warna..

Ini dia buku bayinya....

Halaman depan, berhiaskan kepala singa

Bisa digunakan mengenal warna, kertas mengkilap itu menggunakan bekas kemasan makanan

Bisa bongkar pasang menyisipkan seperti menganyam dan melepan serta memasang tali balon

Ini manik-maniknya bisa digeser ke atas/bawah dan bisa ditarik-tarik karena talinya pake karet, lalu ada beberapa kepik di bawah daun, baru keliatan kalau daunnya dibuka.

Kado Liburan buat teman



Adek pengen ngasih kado liburan buat teman sekolahnya.

Bingung doong, mau kasih apa...

Akhirnya dapat ide kasih paket prakarya yang memang sudah ada di rumah deh....

Kemasannya dibuat oleh kakak, tas kertas biasa yang dihias pake kertas kado batik...

Isinya :
Siang itu, kami mengantarkan ke rumah teman adek di Kelapa Gading, sekaligus belajar tentang pengiriman barang dan jasa ekspedisi.
Alhamdulillah, adek senang...teman adek juga senang...dan mamahnya juga seneng banget, karena bisa digunakan berkegiatan selama liburan :)

Semoga bisa nambahin ide teman-teman ya, biar ga bingung kalo mau kasih kado ke anak-anak :)

Kalau mau pesen ke kakak Rahma juga boleh kook..kirim saja email ke mutiaradevi@gmail.com.

Monday, August 5, 2013

DIY : Owl Bag


Horeeee akhirnya berhasil juga bikin tas yang dijahit pake tangan....

Maklum, proyek in sempet berhenti berbulan-bulan.

Adek seneng banget sama tas buatanku inih...

Tas ini berbahan dasar flanel yang dijahit ke atas busa lembar lapisan tas (bagian dalamnya seperti ada lapisan kain tipiiis halus). Di bagian atasnya diberi tambahan kain yang fungsinya sebagai penutup tas. Cara nutupnya cuma diserut biasa pake tali kor (cari yang gampang, belum sanggup masang resleting soalnya hehehe). Talinya pake tali tas yang dijual di toko peralatan tas.

Hasilnya ga rapi bangeeet....masih perlu banyak belajar. Tapi rasanya puas bisa menyelesaikan proyek ini.
Semanngggaaaattttt!

Kado bayi : Mainan bayi buatan sendiri

Kalau mainan bayi yang ini dibuat dari kain polos yang diberi hiasan aplikasi dari flanel yang dibentuk ikanpaus. Bagian baliknya ada hiasan bentuk singa.
Lalu dijahit mengunakan tusuk tikam jejak di bagian dalam sisinya.
Bagian pinggirnya diberi hiasan pita aneka warna.
Isinya dakron dan plastik bekas bungkus permen yang kalau diremas mengeluarkan bunyi kresek-kresek.
Mudah kan cara membuatnya? Hayuk atuh dicoba.....

Kado bayi : Boneka dadu dari flanel

Kakak pengen kasih hadiah buat adek bayinya bu guru di TPA Artha Wildan.

Browsing di internet akhirnya nemu aneka boneka dadu dari flanel. Seneng banget deh pas nemu gambarnya...tentu saja yang dipilih yang mudah untuk dibuat, dan yang ada bahannya di rumah.

Cuma kakak usul gimana caranya boneka ini berbunyi kalau digerakkan. Alhamdulillah....di dalamnya diisi 2 tutup galon air mineral yang diisi manik mungil dan dipasang di dalam boneka dadu tsb.

Bagaimana? Lucu kaaan....semoga hadiah bikinan sendiri ini berkesan dan dedek bayinya seneng.... ;)

Alat dan bahan :
~ kain flanel
~ benang sulam
~ jarum
~dakron
~ gunting
~ jarum jahit
~ 2 tutup galon air mineral
~ manik kecil (atau bisa diganti biji2an)

Cara membuatnya :
1. Potong flanel dengan ukuran sesuai selera buat 6 rangkap (saya 15x15 cm)
2. Potong asesoris (hidung,telinga,ekor,motif badan)
3. Jahit ke 6 sisi tsb dengan tusuk feston hingga membentuk dadu, sisakan sedikit untuk memasukkan dakron dan tutup galon air mineral.
4. Ambil tutup galon, isi dengan manik lalu tangkupkan dengan tutup galon yang lain lalu rekatkan dengan selotip.
5. Masukkan dakron dan tutup galon hasil no 4 ke dalam boneka dadu.
6. Jahit untuk menyelesaikannya.

Hiasan Pensil dari flanel

Bahan dan alat:
~ flanel aneka warna
~ lem tembak beserta isinya
~ manik-manik
~ pensil
~ gunting
~ pensil
~ pola bentuk hati 2 ukuran (dari karton)

Cara membuat :
1. Buat pola terlebih dahulu di atas karton
2. Jiplak pola ke kain flanel dengan kombinasi warna sesuai selera
3.  Gunting sesuai pola
4. Tempelkan bentuk hati yang besar dan yang kecil, lalu rekatkan sekaligus manik sebagai pemanis
5. Gunting flanel (warna disesuaikan) bentuk persegi panjang selebar 1 cm dan panjang 3cm (sesuai besar pensil yang akan dihias)
6. Ambil pensil yang akan dihias, lilitkan flanel persegi tadi ke bagian atas lalu dilem di permukaan flanel hingga membentuk seperti cincin (jangan dillem ke permukaan pensil ya)
7. Tempelkan di sisi belakang bentuk hati yang akan jadi hiasan tadi.
8. Pasang hiasan tsb ke bagian atas pensil.

Note : perlu bantuan dan pengawasan proses mengelem menggunakan lem tembak, karena lumayan panas dan berbahaya jika mengenai kulit. Untuk anak yang lebih kecil sebaiknya gunakan lem uhu demi keamanan.

Mau tambah income?