Saturday, February 6, 2016

DIY : Wall Decor from Pizza Box

Minggu lalu kakak Rahma bantuin adeknya bikin lapbook, sambil nunggu adek nulis2, kakak bikin hiasan buat ditempel di dinding kamar nya dari kardus bekas wadah pizza.

Bahan :
- 3 kardus bekas wadah pizza
- kertas origami
- lem fox
- gunting

Cara membuat :
1. Gunting kertas origami, terserah mau bentuk apa.
2. Susun dan tempel secara acak menutup permukaan kardus menggunakan lem fox.
3. Setelah seluruh permukaan kardus tertutup, olesi permukaan dengan lem fox.  Lem kali ini sifatnya hanya untuk melapisi agar lebih awet dan mengkilat.

Saturday, December 19, 2015

Menempel (matematika)

Anak-anak biasanya suka banget disuruh nempelin kertas pakai lem.

Kegiatan yang memadukan kegiatan menempel sekaligus stimulasi konsep dasar matematika, menempel dari yang tertinggi ke rendah.

Thursday, December 17, 2015

Kolase dari beras

Kolase sederhana ini karya kak Rahma, pas masih RA.

Menggunakan beras warna warni (bikin sendiri pake beras dan pewarna lalu dijemur sampai kering bener), ditempel pakai lem uhu.

Stempel bunga mawar

Adek main stempel2an bikin bunga mawar. Kebetulan tema belajar adek kali ini adalah warna merah. Sedangkan menghitung masih sampai 5. Jangan dibayangkan belajar kayak anak sd di sekolah yaaaa... Ini mamahnya aja yang cerewet banyak ngomong apa aja, dedek nya mah asik berkegiatan sambil nyuekin mamah yang sok cerewet :)

Kali ini cuma pake pewarna makanan dicampur air dan sedikit sunlight cairan cuci piring.

Stempel2an nya pake bonggol sawi putih, yang ditusuk pake bekas sumpit.

Alhamdulillah asik banget ngecap di kertas, ayo deeek kita hitung...

' Satu.. Dua... Tujuh... Sebelas... ' 
(whuuaaa dedek kalo ngitung loncat2)

Friday, October 16, 2015

Dompet kotak susu

Percobaan perdana ngajakin kak Syafa bikin dompet dari kotak kemasan susu uht :)

Friday, June 26, 2015

DIY lukisan di atas kardus bekas

Libur sekolah pas lagi puasa lumayan bikin bingung mau ngajak anak-anak berkegiatan apa. Harus bikin kegiatan yang asyik dilakukan di rumah.

Lagi bingung nyari ide, eeeee di kantor datang laptop baru ada 6 biji pula, huaaaa pucuk dicinta ulam tiba dong! Langsung buru-buru ngetekin tuh kardus sebelum keduluan sama yang laen.

Karena ada 3 anak yang berbeda usia, biar ga pada berkegiatan sendiri, nyari idenya yang bisa buat rame-rame *biar ga pada berantem berebut*

Akhirnya bikin lukisan di atas 4 kardus yang berukuran sama, masing-masing anak buat di atas 1 kardus, setelah jadi baru digabungkan.

Bahan dan alat :
-peralatan lukis
- cat asturo
- kardu bekas berukuran sama

Caranya seperti yang ada di gambar di bawah ini....bagaimana, keren ga?

Wednesday, June 24, 2015

Melukis tanpa kotor :)

Dedek (15bln) suka banget ngeriung kalau kakak dan abangnya lagi berkegiatan. Belajar, bikin PR, main sepeda, main uno, juga bikin prakarya. Awalnya sih excited banget bergabung,lama-lama huadooohh mulai deh iseng judulnya ngerecokin kakak n abang :)

Yang paling heboh kalau lagi pada melukis pakai cat akrilik....huaaaaa pengen nangis rasanya kalau liat cat nempel belepotan dimana-mana hasil karya dedek gegara bergabung sama kakaknya. Tangannya penuh dengan cat :'(  worry banget deh, bukan soal kotornya, tapi apakah cat akrilik itu aman buat bayi?

Gimana caranya ya biar dedek tetap bisa gabung sama kakak tanpa harus merasa cemas karena ga punya cat yang ada embel-embel *aman buat bayi* ? Secaraaaaa...cat yang aman buat bayi kemungkinan besar harganya heboh hehehe....

Alhamdulillah,  nemu juga caranya setelah browsing kesanakemari.
Lalu saya cobain dong ke dedek....awalnya dedek mau,lama-lama ya tetep aja penasaran melukis beneran kayak kakak.

Gapapa deh, setidaknya kapan2 bisa jadi alternatif kegiatan buat dedek *sambil nabung biar bisa beli cat yang aman buat bayi tentunya*

Mau tambah income?